masrifqi blog’s

Just another WordPress.com weblog

Komputer Tercepat Di Dunia

Komputer saat ini telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam setiap hal pada pekerjaan yang kita lakukan untuk mendapatkan dan memproses data serta informasi dengan cepat dan akurat. Umumnya saat ini orang menggunakan Komputer untuk melakukan berbagai hal seperti mengetik, membuat spreadsheet hingga browsing internet. Dan kita telah akrab sekali dengan kata Pentium beserta operating system Windows-nya semenjak lebih dari 10 tahun lalu.

Komputer-komputer yang biasa kita gunakan itu mampu mengerjakan 100 juta instruksi-instruksi per detik. Luar biasa bukan ? Tapi itu belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan super computer ! Tapi tahukah Anda bahwa komputer tercepat di dunia sebenarnya adalah otak manusia ? Otak manusia merupakan alat komputasi yang luar biasa dan merupakan processor tercepat saat ini.

Untuk membuktikan hal ini kita ambil contoh sebagai berikut :

Saat ini teknologi komputer desktop untuk ’speech’ dan ‘take dictation’ sudah mulai banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan software. Namun komputer hanya mampu mengetikan kata-kata yang dibicarakan oleh satu orang saja. Dan sebelum komputer mampu untuk mengetikan kata-kata yang dibicarakan oleh kita, biasanya kita harus membuat semacam voice recognition atau melatih komputer tersebut untuk mengenal suara. Dan tentu saja software dari teknologi ini masih belum sempurna dan suka salah menerjemahkan kata-kata yang dibicarakan.

Sedangkan otak kita bisa mengerti lebih dari satu orang yang berbicara. Bahkan kita bisa mengerti berbagai macam bahasa. Selain itu otak manusia bisa memproses gambar visual yang kompleks, mengontrol seluruh tubuh kita, mengerti masalah konseptual dan bisa membuat ide-ide baru. Otak manusia terdiri dari 1 triliun
sel dengan 100 triliun koneksi antara sel. Jika di estimasi otak kita mampu mengerjakan 10 quadtriliun instruksi per detik ! Hmm.. tapi memang sulit dibayangkan..

Berikut adalah Top 3 super komputer berdasarkan kecepatan sesuai dengan hasil
TOP500 tahun 2006 :

1. IBM BlueGene/L : 360 teraflops
2. IBM BGW : 115 teraflops
3. IBM ASC Purple : 93 teraflops

Selain itu sebenarnya ada superkomputer yang diberi nama MDGrape-3, dibuat oleh perusahaan Jepang ‘RIKEN’, yang memiliki kecepatan maximum 1 petaflop (1 guadrillion operasi per detik), yang mana 3 kali lebih cepat dari IBM BlueGene/L. Tetapi MDGrape-3 tidak bisa menjalankan software ranking dari Top500 tersebut jadi BlueGene/L tetap merupakan komputer tercepat nomer 1 dengan 360 trillion operasi per detik. Cepet banget kan ? Tapi sebenarnya otak manusia masih lebih cepat dari itu lho !?🙂

Silahkan kunjungi Id-PC.blogspot.com untuk informasi seputar komputer lainnya.

28 Agustus 2008 - Posted by | News

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: