masrifqi blog’s

Just another WordPress.com weblog

Search Engine Optimization (SEO): Poin-poin Panduan Ringkas

Pendahuluan

Search Engine Optimization atau SEO, merupakan sebuah cabang pengetahuan dalam bidang pengembangan situs internet (web development) yang fokus pada perancangan (pra-produksi) dan promosi (pasca-produksi) agar website tersebut dapat di indeks dengan baik oleh mesin pencari (search engine / SE) di internet, semacam Google, Yahoo, Ask, dan MSN. Selain agar konten website dapat dicatat sepenuhnya oleh SE, kegiatan ini juga bertujuan agar website tersebut mendapat posisi yang baik ketika seseorang melakukan pencarian tentang konten tersebut. Baik tidaknya posisi sebuah website di SE ditentukan berdasarkan tampil tidaknya website tersebut pada halaman awal hasil pencarian di SE. Dengan begitu, website tersebut akan mendapat banyak pengunjung yang merupakan nilai tambah baginya.

Sebenarnya tidak ada prosedur baku dan pasti dalam menerapkan SEO. Bahkan, seorang ilmuwan yang bekerja pada perusahaan SE terbesar di dunia tidak mengetahui secara pasti cara kerja aplikasi SE milik perusahaannya dalam menilai sebuah website. Dari berbagai kemungkinan cara-cara yang sering digunakan dalam SEO, bisa dibuat garis besarnya. Berikut ini adalah garis besar yang dapat dilakukan untuk meningkatkan posisi sebuah website di SE.
Membuat Peta Situs (Sitemap)

Peta situs bukan hanya berguna bagi pengunjung tapi juga bagi SE. Bukankah SE adalah pengunjung juga sekalipun bukan manusia. Dengan membaca sitemap, SE dapat menentukan halaman mana saja yang perlu dicatat. Panduan untuk membuat sitemap yang memenuhi standar internasional dapat dilihat di www. sitemap.org.
Membuat Halaman Khusus Berita Terbaru (News Feeds)

Dengan membaca news feed, SE dapat mengetahui halaman baru yang belum pernah dicatat tanpa harus menelusuri halaman yang ada satu persatu. Tentunya hal ini akan mempercepat berita terbaru tersebar melalui SE. Biasanya, halaman ini menggunakan format RSS, yaitu format khusus dan standar untuk menyalurkan informasi-informasi konten berita tanpa memperhatikan tampilan halaman.
Menghindari Duplikasi Judul dan Informasi Halaman (Meta Tags)

Seringkali, pengelola website memberikan judul halaman yang sama untuk seluruh halaman di situsnya. Biasanya hal ini dilakukan untuk mempermudah pengelolaan. Di sisi lain, SE akan menilai lebih sebuah judul halaman layaknya sebuah judul buku. Jika, judulnya itu-itu saja, biasanya isi halamannya akan dianggap “beda tipis” dengan halaman lain dengan judul yang sama.Akibatnya, halaman tersebut akan di-“nomorduakan” untuk dicatat. Padahal menurut pengunjung lain, bisa jadi isinya jauh berbeda dengan halaman-halaman sebelumnya. Jadi, usahakan untuk memberikan judul yang berbeda dan mencitrakan isi halaman tersebut.
Mendaftarkan Website pada Situs-situs Direktori

Ibaratnya seperti mendaftarkan alamat rumah kita ke penerbit peta jalan, alamat rumah kita jadi lebih mudah dicari oleh orang jika ingin berkunjung. Situs direktori internet yang cukup berpengaruh antara lain, Best of the Web (http://botw.org), DMOZ (http://dmoz.org), Joe Ant (http://joeant.com), dan Yahoo!Directory (http://dir.yahoo.com).
Saling Bertukar Link dengan Situs Sejenis

Dengan adanya link yang mengarah ke situs web tertentu melalui sebuah website yang memiliki konten serupa, SE menganggap situs tersebut saling berkaitan dan berpengaruh sehingga situs lain mau memberikan referensi kepadanya. Karena itu, SE menganggap perlu untuk mencatat halaman yang dimaksud.
Membeli Link dari Situs Lain

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, bahwa link yang diberikan dari sebuah situs kepada situs lain memberikan pengaruh yang baik jika isinya saling berkaitan. Oleh karena itu, banyak pengelola website mengimplementasikan poin ini dengan cara membeli link dari situs lain. Hal ini dilakukan karena untuk bertukar link seperti pada poin sebelumnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Praktek-praktek semacam ini sekarang sudah difasilitasi oleh beberapa penyedia layanan seperti:

* Text Link Ads (http://www.text-link-ads.com)
* Text Link Brokers (http://www.textlinkbrokers.com)
* LinkAdage (http://www.linkadage.com/)

Hal yang perlu diingat dalam membeli link, jangan membeli link dari situs yang tidak relevan karena akan dianggap spam dan menurunkan nilai pada SE.
Membuat Link Pancingan

Yang dimaksud dengan link pancingan adalah link-link yang sengaja dipasang di berbagai website dengan tujuan mengarahkan pengunjung website tersebut ke website yang dimaksud. Biasanya, link-link ini berupa informasi-informasi yang bermanfaat dan membangun rasa ingin tahu serta mengundang pembacanya untuk menelusuri lebih jauh.
Memberikan Fasilitas Social Bookmarking

Social Bookmarking pada dasarnya sama dengan bookmarking pada umumnya, yaitu memberikan tanda dan keterangan pada halaman tertentu agar lebih mudah ditelusuri di kemudian hari. Yang membedakannya adalah, pada social bookmarking pemberian tanda dan catatan ditujukan kepada orang lain atau pembaca lain selain pengunjung yang bersangkutan. Diharapkan pengunjung lain yang belum pernah datang ke situs tertentu dapat memperoleh gambaran mengenai isi dari situs tersebut untuk dikunjungi kemudian hari.
Membuat Blog atau Forum

Dengan membuat sebuah blog dibandingkan sebuah website utuh, pengelola dapat memasukkan informasi-informasi yang lebih luas dan ringan. Hal ini dikarenakan sifat blog yang lebih menyerupai buku catatan harian daripada sebuah buku sesungguhnya. Selain itu, pengunjung bisa memberikan komentar secara langsung pada sebuah blog, sehingga memberikan suasana hidup bagi sebuah situs web.

Begitu juga halnya dengan forum. Namun, untuk sebuah forum agak lebih berat syaratnya, yaitu jumlah pengunjung harus sudah cukup banyak terlebih dahulu agar forum memberi efek yang optimal. Jika sebuah forum sudah memiliki banyak pengunjung, maka isi web tersebut akan ter-update dengan sendirinya oleh pengunjung.
Menghindari Penggunaan Javascript / Ajax dan Flash

Sekalipun sudah ada kabar bahwa SE sekarang sudah dapat membaca halaman yang berbasis Javascript/Ajax dan Flash, sebaiknya pengelola situs tidak menjadikan seluruh isinya dengan kedua objek tersebut. Karena basis inti dari halaman web adalah teks, link, dan gambar. Jika basis situs anda adalah aplikasi Flash atau Javascript/Ajax, sebaiknya Anda tetap memberikan teks penjelasan sepitar aplikasi tersebut jika seandainya pengunjung tidak memiliki fasilitas untuk menampilkan aplikasi tersebut.
Meningkatkan Keamanan Situs dari Tangan-tangan Jahil

Tujuan dari pengamanan sebuah situs dari tangan jahil bukan sekedar mengamankan data-data didalamnya. Tapi, lebih ke arah menjaga agar SE tidak mencatat hal-hal dar website yang bukan tanggung jawab pengelola, misalnya komentar-komentar yang keluar jalur diskusi, ataupun gambar-gambar yang tidak berkaitan.

Untuk mengatasi hal ini, pengelola situs harus rajin melakukan update dan mengawasi situsnya agar hal-hal yang mengganggu tersebut bisa diantisipasi sebelum dicatat oleh SE.
Memperbaiki Link yang Cacat

Untuk mengetahui link yang tidak lagi aktif Anda bisa menggunakan fasilitas dari W3C di http://validator.w3.org/checklink. Banyaknya junlah link yang cacat atau non-aktif pada halaman web akan dianggap oleh SE sebagai halaman yang tidak up to date dan tidak perlu lagi diikutsertakan dalam pencatatan.
Menghindari Duplikasi Konten

Duplikasi konten lebih luas cakupannya daripada hanya sekedar duplikasi judul seperti poin sebelumnya. Jika konten-konten pada suatu situs web dianggap sama persis dengan halaman-halaman pada situs web tertentu, maka nilai dari situs web tersebut akan berkurang jauh di mata SE. Sialnya lagi jika ternyata situs yang dianggap duplikasi ternyata adalah situs aslinya. Kasus duplikasi ini agak sulit diselesaikan secara teknis karena merupakan masalah sosial juga. Yang terbaik adalah, kita mulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan duplikasi konten dari situs lain.
Menghindari Penggunaan Session ID

Untuk mengidentifikasi pengunjung secara unik bisanya situs web menggunakan fasilitas session. Hal ini bisa menyebabkan kasus duplikasi konten karena halaman-halaman dengan session berbeda dan unik akan dianggap halaman yang terduplikasi oleh SE. Oleh karena itu, hindari penggunaan session kecuali untuk halaman yang tidak perlu diakses oleh publik termasuk oleh SE.
Gunakan Tag HTML yang Relevan

Maksud dari poin ini adalah gunakan tag-tag html pada halaman web sesuai dengan fungsi asalnya, bukan hanya sekedar memperindah tampilan. Misalnya, mempertebal tulisan dengan menggunakan tag header yang semestinya untuk judul. Hal ini akan mengelabui SE yang menganggapnya sebagai judul, padahal tidak relevan dengan isi halaman.

Secara garis besar ke-limabelas poin itulah yang biasa dilakukan untuk melakukan SEO. Namun, tidak tertutup kemungkinan adanya penerapan-penerapan baru dengan metode yang berbeda pula. Mengingat teknologi internet adalah dunia yang sangat dinamis.

Dirangkum dari berbagai literatur.

Dari: http://www.radmanblog.cn/entry/23/Search-Engine-Optimization-SEO-Poin-poin-Panduan-Ringkas.html

28 Agustus 2008 - Posted by | Blogging, seo, tips

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: