masrifqi blog’s

Just another WordPress.com weblog

Alamat IP Akan Segera Habis

Dari ajang ’Global IPv6 Summit 2008’, di Taipei, Taiwan, datang himbauan dari Asia Pacific Network Information Center (APNIC), mengenai pentingnya para Internet Service Provider (ISP) mempersiapkan jaringannya untuk segera ’IPv6 Ready’.
Wakil APNIC di acara tersebut, Miwa Fujii, mengingatkan bahwa sisa alamat Internet Protocol (IP Address) versi 4 alias IPv4 saat ini di seluruh dunia hanya 39 blok /8 (kelas A). Belum lagi, dari kesepakatan terakhir, dari 39 blok ini pun masih harus ’ditahan’ 5 blok di seluruh dunia untuk cadangan saat IPv4 benar-benar habis.
Untuk secara real-time memantau perkembangan berkurangnya IPv4 ini, APNIC mempersilhakan komunitas IPv6 memakai sebuah aplikasi online menarik, yang dibuat oleh DR. Takashi Arano, yang dapat diakses melalui alamat

http://entne.jp/tool/test/index_en.html.
Bahkan, pengguna bisa menyisipkan aplikasi ini ke dalam situs atau blog sehingga menjadi semacam widget. DR. Takashi Arano, membuatkan juga script untuk dapat menyisipkan aplikasi ini secara online. Aplikasi yang dinamai "IPv4 Exhaustion Counter" ini dipakai sebagai salah satu tool untuk mengingatkan pengguna internet dunia, akan terus menyusutnya persediaan IPv4.
Untuk dapat meningkatkan kesadaran pengguna internet di Indonesia, aplikasi ini juga telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Kini, tersedia 14 bahasa yang dapat dipilih oleh pengguna aplikasi ini.
Di akhir presentasinya, Miwa Fujii, kembali menekankan perlunya ISP membuat rencana kerja yang jelas dan terukur untuk mempersiapkan implementasi IPv6 di jaringannya masing-masing. ISP dan pemerintah masing-masing negara juga dihimbau agar segera membuat program sosialisasi kepada pengguna internet. Diharapkan, pada saat IPv6 akan diimplementasikan secara luas nanti, dampak-dampak negatif yang mungkin timbul dapat diminimalkan.
Penulis, Edwin Purwandesi, adalah Asisten Manager di bagian Pengelola Produk-produk TELKOMNet, PT TELKOM. Edwin juga merupakan Anggota Asia Pasific IPv6 TaskForce.

3 September 2008 - Posted by | Artikel, News, Tak Berkategori |

4 Komentar »

  1. Sukses buat blognya. Maju terus.

    Komentar oleh Ahmed | 3 September 2008 | Balas

  2. Sukses buat blognya. Maju terus.

    Komentar oleh Ahmed | 3 September 2008 | Balas

  3. Thanks

    Komentar oleh rifz357 | 4 September 2008 | Balas

  4. Thanks

    Komentar oleh rifz357 | 4 September 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: