masrifqi blog’s

Just another WordPress.com weblog

Google Earth GMaps Makin Canggih

Hanya berselang sehari menjelang perayaan ulang tahunnya ke-10, Google mendapat satu “mata-mata” baru di langit. Sebab, satelit baru bernama GeoEye-1 yang dikontrak Google untuk memasok data-data peta satelit daratan di seluruh dunia sukses meluncur denganroket Delta II dari Vandenberg Air Force Base, California, AS, Sabtu (6/9) pukul 11.51 waktu setempat atau Minggu (7/9) dinihari.
Satelit yang sanggup merekam citra satelit dengan resolusi sangat tinggi akan memperkuat layanan peta berbasisi web melalui Google Earth maupun Google Maps. Selain Google, GeoEye-1 juga akan memasok data ke Badan Intelijen Nasional AS atau U.S. National Geospatial-Intelligence Agency maupun dijual secara komersial kepada perorangan.
Satelit tersebut akan mengorbit pada ketinggian 760 kilometer di atas permukaan Bumi dan melaju dengan kecepatan 8 kilometer per detik. Ia dapat melakukan pemindaian hingga 700.000 kilometer persegi untuk panchromatic (hitam putih) dan hingga 350.000 kilometer persegi untuk pan-sharpened multispectral (berwarna).
Hebatnya lagi, satelit ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 0,41 meter panchromatic (hitam-putih) dan 1,65 meter multispectral. Kemampuan ini sangat ideal untuk proyek pemetaan dengan skala besar.
Peluncuran ini menjadi kado yang spesial bagi Google.Inc, sebagai sebuah perusahaan jasa yang memberikan pelayanan lewat internet. Bagi para pengguna, nantinya akan semakin dimanjakan lewat fasilitas ini dan tentu berdampak pada keuntungan perusahaan yang menargetkan 100 milliar dollar AS setiap tahunnya.
Pemilik Google.Inc, Sergey Brin and Larry Page, sejak pagi hari sudah berada di Caifornia AS, untuk memastikan dan memantau langsung kelancaran peluncuran GeoEye-1. Rencananya, untuk meningkatkan pelayanannya, pada tahun 2011 Google.Inc juga akan mengontrak satelit berikutnya GeoEye-2.

8 September 2008 - Posted by | Tak Berkategori |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: